Pembahasan Soal Matematika Kelas 7 Buku Siswa Kurikulum 2013 Semester 1
Berikut adalah sedikit pembahasan tentang soal latihan pada buku siswa kurikulum 2013 mata pelajaran Matematika (Revisi 2017). Apabila ada kekeliruan pada pembahasan soal sekiranya bisa memberikan komentar pada kolom komentar di bawah. Terimakasih.
Ayo Kita Berlatih 1.6 Halaman 74-80
A. Soal
Pilihan Ganda
Nomor 1
Pada peta berikut, 1 cm pada peta merepresentasikan 10 km pada kondisi sebenarnya. Pada gambar tersebut, berapakah jarak sebenarnya antara kota Melville dengan
Folley.
a. 5 km
b. 30 km
c. 40 km
d. 50 km
(Sumber: TIMSS 1999 8th-Grade Mathematics Concepts and Mathematics Item)
Nomor 2
Pada gambar berikut diketahui panjang mobil adalah 3,5 meter. Berapakah
taksiran terdekat panjang gedung di sebelahnya?
a. 18 m
b. 14 m
c. 10 m
d. 4 m
(Sumber: TIMSS 1999 8th-Grade Mathematics Concepts and Mathematics Item)
Nomor 3
Jika 4 kali suatu bilangan hasilnya adalah 48. Berapakah 1/3 dari bilangan
tersebut?
a. 4
b. 8
c. 12
d. 16
Nomor 4
Hasil dari
adalah ...
a. 0,515
b. 5,15
c. 51,5
d. 515
(Sumber: TIMSS 1999 8th-Grade Mathematics Concepts and Mathematics Item
Nomor 5
Suatu cat dinding berisi penuh 25 liter. Seorang menggunakan 2,5 liter untuk
mengecat dalam waktu 1 jam. Jika dia menyelesaikan pengecatan tersebut dalam
waktu 5,5 jam, berapa banyak cat yang dihabiskan?
a. 10,25 liter
b. 11,25 liter
c. 12,75 liter
d. 13,75 liter
(Sumber: TIMSS 1999 8th-Grade Mathematics Concepts and Mathematics Item)
B. Soal Uraian
Nomor 1
Tentukan hasil dari:
Nomor 2
Nomor 3
Nomor 4
Nomor 5
Harga suatu barang, naik 20%. Jika harga sebelum kenaikan adalah Rp8.000,00,
maka harga setelah kenaikan adalah ...
Nomor 6
Pak Margono memiliki ladang salak pondoh yang sudah ditanam mulai ia
berumur 15 tahun. Produksi salaknya selalu meningkat setiap tahun. Pada tahun
pertama ladang tersebut menghasilkan 1 ton buah salak, Tahun kedua menghasilkan
2 ton buah begitu seterusnya setiap tahun. Dapatkah kalian menemukan total
hasil produksi salak Pak Margono hingga tahun ke 50?
Nomor 7
Astronomi. Edmund Halley (1656-1742) adalah orang yang pertama kali
melihat komet yang dinamakan Komet Halley pada tahun 1682. Ia dengan tepat
memprediksi bahwa komet tersebut akan muncul setiap 76 tahun kemudian.
a. Berdasar perhitungan Halley, tahun berapakah Komet Halley muncul di
abad yang lalu?
b. Kapan Komet halley diharapkan muncul kembali?
c. Apakah Edmund Halley dapat melihat komet tersebut untuk kedua kalinya?
Jelaskan.
Nomor 8
Ibu Nunung memiliki selembar kain sepanjang 1 m yang akan dijahit menjadi
sapu tangan. Kemudian ia memotong kain tersebut menjadi 6 bagian. Berapa banyak
sapu tangan yang dapat dihasilkan oleh Ibu Nunung?
Nomor 9
Karena tidak mengerjakan tugas, 9 orang siswa diberi hukuman
menulis kata “tugas”. Tiap-tiap siswa harus menulis 2/3 halaman buku. Berapa
halaman buku, hasil menulis kata “tugas“ itu?
Nomor 10
Seorang penjahit menerima 2/3 m kain putih berbunga-bunga untuk
dijadikan sapu tangan. Untuk tiap saputangan memerlukan 1/6 m. Berapa banyak
sapu tangan yang dapat dibuat?
Nomor 11
Ibu menerima
gaji untuk dua bulan sebesar Rp3.000.000,00. Untuk biaya sekolah anak-anaknya,
Ia harus menggunakan uang sebesar 4/5 dari gaji satu bulan. Untuk kebutuhan
belanja dapur, Ia harus mengeluarkan uang sebesar 1 ½ dari biaya biaya sekolah. Berapa rupiah untuk
keperluan dapur?
Nomor 12
Seorang pemain
sirkus akan mempertunjukkan berjalan di atas tali yang panjangnya 10 meter.
Sekali melangkah, Ia mencapai ½ m.
Berapa langkah yang dibutuhkan agar sampai diujung tali?
Nomor 13
Buatlah masalah perkalian yang diilustrasikan oleh gambar berikut.
Nomor 14
Agung melakukan perjalanan mudik dari kota Semarang ke kota Yogyakarta.
Di perjalanan pengendara tersebut mengisi bensin tiga kali, yaitu 8/5 liter, 7/5
liter, dan 12/5 liter. Berapa liter bensin yang telah diisi oleh pengendara
tersebut selama perjalanan mudik?
Nomor 15
Edi akan memagari kebun bunganya. Untuk itu, ia memerlukan tiang-tiang
yang tingginya 1 ½ m. berapa banyak
tiang yang bisa dibuat dari sebatang besi yang panjangnya 12 m?
Nomor 16
Seorang penggali sumur setiap 2 ½ jam dapat menggali sedalam 2 (2/3) m. Berapa
dalam sumur tergali, jika penggali bekerja ½ jam?
Nomor 17
Pada akhir hidupnya, Pak Usman meninggalkan warisan harta emas batangan
seberat 2 (2/5) kg. Pak usman memiliki 3 orang anak, akan membagi warisan
tersebut dengan bagian yang sama. Berapa gram emas yang diperoleh masing-masing
anak ?
Nomor 18
Seorang tukang ingin memasang plafon rumah dengan bahan triplek. Ukuran
luas satu triplek adalah 5 m2. Triplek besar dipotong-potong pengganti
asbes berbentuk persegi dengan panjang sisi ½ m. Berapa banyak asbes yang dapat
dibuat dari satu triplek besar?
Nomor 19
Untuk memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus, diadakan pertandingan
lompat jauh bagi anak-anak umur 12 tahun ke bawah. Dari hasil pertandingan
diperoleh juara I mampu melompat sejauh 1(1/3) m dan juara II hanya mampu
mencapai jarak ¾ dari lompatan juara I. Berapa meter hasil lompatan juara II ?
Nomor 20
Santi mempunyai 2 roti. Tiga perempat bagian dari dua roti itu di beri kepada
adiknya. Berapa bagian sisa roti pada Santi?
Nomor 21
Terdapat enam buah gelas akan diisi air sampai penuh. Ternyata setiap gelas
hanya dapat memuat 1/10 liter air. Berapa liter air yang dibutuhkan untuk
mengisi keenam gelas tersebut?
Nomor 22
Seorang Ibu hamil membeli 2 meter kain katun untuk dijadikan pakaian bayi.
Satu pakaian bayi membutuhkan ¼ meter kain katun. Berapa banyak pakaian bayi
yang dapat dibuat.
Nomor 23
Seorang penjahit menerima 7 meter kain bakal untuk dijadikan tiga buah
celana. Tiap celana berukuran sama. Berapa meter kain yang dibutuhkan untuk
satu kain celana?
Nomor 24
Bu Vera memiliki 5 potong roti. Roti tersebut akan dibagikan pada 3
orang anaknya dan tiap anak mendapat bagian yang sama. Berapa potong yang
diperoleh tiap anak ?
Nomor 25
Robi mempunyai 27 kelereng. Sebanyak 5/9 dari kelereng itu diberikan kepada
Rudi. Berapa banyak kelereng yang diberikan kepada Rudi? Berapa sisa kelereng
Robi?
Nomor 26
Dalam lomba tolak peluru, Andi melempar sejauh (10 × 1/3) m, sedangkan
Budi melempar sejauh (10 × 2/5) m. Siapakah antara kedua anak itu yang melempar
lebih jauh? Jelaskan.
Nomor 27
Mana yang lebih banyak ¾ dari 5 ton atau 5/6 dari 5 ton? Jelaskan.
Nomor 28
Bu Broto memiliki ladang gandum berbentuk persegi panjang. Panjangnya 20
meter dan lebarnya 8 (2/3) meter. Tentukan luas lading gandum tersebut. Hasil
panen gandum Bu Broto adalah 15 ton per tahun. Bersamaan dengan musim panen, Bu
Broto harus membayar uang kuliah anaknya. Untuk Bu Broto harus menjual 2/3 dari
gandum miliknya. Berapa ton sisa gandum Bu Broto?
Nomor 29
Sebelum meninggal Pak Imron menuliskan sebuah wasiat. Isi wasiat tersebut
adalah pembagian 19 sapi yang dimiliki Pak Imron kepada tiga anaknya. Anak
pertama diwarisi ¼ sapi, anak kedua diwarisi 2/5 sapi, dan anak ketiga diwarisi
3/10 sapi. Pencatat warisan bingung untuk membagi warisan tersebut karena sapi
yang tersedia hanya 19 ekor. Seorang kerabat punya ide membagi sebagai berikut.
Alernatif Pemecahan masalah
Meminjam 1 sapi sehingga sapi yang diwariskan menjadi 20 ekor.
Anak pertama mendapatkan 20 × ¼ = 5 ekor
Anak kedua mendapatkan 20 × 2/5 = 8 ekor
Anak ketiga mendapatkan 20 × 3/10 = 6 ekor
Sedangkan 1 ekor sisanya dikembali lagi.
Diskusikan
Apakah cara yang diusulkan untuk memecahkan masalah tersebut adil bagi
semua pihak? Jelaskan.
Pembahasan
A. Soal
Pilihan Ganda
Nomor 1
Skala 1 : n
artinya setiap 1 cm jarak pada peta atau gambar mewakili n cm jarak sebenarnya.
Skala = jarak
pada peta (gambar) : jarak sebenarnya.
Pada peta tersebut, 1 cm pada peta berarti 10 km pada kondisi sebenarnya.
Pada soal tersebut harus diukur dulu panjang kota Melville dengan Folley dengan penggaris.
Namun, jarak 1 cm
yang merupakan jarak pada peta mewakili jarak 10 km yang merupakan jarak
sebenarnya atau 1.000.000 cm.
Berarti skala
yang dipergunakan 1 : 1.000.000.
Misalkan jarak
kota Melville dengan Folley pada peta adalah 0,5 cm, maka jarak sebenarnya
adalah 0,5 x 1.000.000 = 500.000 cm = 5 km.
Misalkan jarak
kota Melville dengan Folley pada peta adalah 3 cm, maka jarak sebenarnya adalah
3 x 1.000.000 = 3.000.000 cm = 30 km.
Misalkan jarak
kota Melville dengan Folley pada peta adalah 4 cm, maka jarak sebenarnya adalah
4 x 1.000.000 = 4.000.000 cm = 40 km.
Misalkan jarak kota Melville dengan Folley pada peta adalah 5 cm, maka
jarak sebenarnya adalah 5 x 1.000.000 = 5.000.000 cm = 50 km.
Nomor 2
Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa panjang mobil kurang lebih
sebanding dengan lebar dua jendela dan dua jarak tembok jendela. Kita misalkan
jendela adalah x dan tembok adalah y. selain jendela dan tembok terdapat pintu
yang lebarnya setara dengan dua jendela atau sama dengan 2x.
Pada gambar keseluruhan terdapat 6 jendela, 8 tembok dan 2 pintu =
6x+8y+2x = 8x+8y
Mobil = 2x+2y
Maka,
panjang gedung adalah 14 meter.
Jawab
B
Nomor 3
Kita misalkan bilangan tersebut dengan x
4x = 48
x = 48:4
x = 12
Maka,
1/3 x = 1/3 x 12 = 12/3 = 4
Jawab A
Nomor 4
Tidak
ada pilihan jawaban yang benar
Nomor 5
Jawab D
B. Soal Uraian
Nomor 1
Nomor 2
Nomor 3
Nomor 4
Nomor 5
Harga naik = 20% x 8000 = 20/100 x 8000 = 1600
Harga setelah naik = 8000 + 1600 = 9600 rupiah
Nomor 6
Total hasil produksi salak selama 50 tahun = 1+2+3+…+49+50
1+2+3+4+5+6+7+8+9+10 = 10+10+10+10+10+5=55
11+12+...+19+20 = 20+90+10+10+10+10+5=155
21+22+…+29+30 = 30+180+10+10+10+10+5=255
31+32+…+39+40 = 40+270+10+10+10+10+5=355
41+42+…+49+50 = 50+360+10+10+10+10+5=455
Jadi Total hasil produksi salak selama 50 tahun = 55+155+255+355+455=
1275 ton
Nomor 7
a. Edmund Halley
melihat Komet pada tahun 1682 dan akan muncul setiap 76 tahun.
Untuk pertanyaan,
tahun berapa Komet Halley muncul di abad lalu?
Pertanyaan ini
membingungkan, seharusnya pertanyaannya sebagai berikut.
Tahun berapa Komet
Halley muncul di abad lalu sebelum ditemukan Edmund Halley?
Ingat 1 abad = 100
tahun, sehingga Komet Halley muncul pada tahun
1682 - 76 - 76 = 1682
+ (-76) + (-76) = 1606 + (-76) = 1530.
Jika yang ditanyakan
abad lalu sebelum abad sekarang, dimana sekarang adalah abad ke-20 (tahun
2000-2100), berarti kapan komet halley muncul antara tahun 1900-2000
1682 + 76 = 1758 + 76
= 1834 + 76 = 1910
Maka komet halley
muncul di abad lalu pada tahun 1910.
b. Komet Halley
diharapkan muncul kembali pada tahun
1682 + 76 = 1758.
Jika yang ditanyakan
abad sekarang adalah abad ke-20 (tahun 2000-2100), berarti Komet Halley
diharapkan muncul kembali pada tahun 1910 + 76 = 1986 + 76 = 2062
Maka komet halley
muncul di abad lalu pada tahun 1910.
c. Edmund Halley meninggal pada tahun 1742, sehingga beliau tidak dapat
melihat Komet Halley untuk kedua kalinya. Sebab komet halley muncul tahun 1682
dan muncul kembali 76 tahun kemudian yakni tahun 1682+76 = 1758.
Nomor 8
= 1 : (1/6)
= (1/1) x (6/1)
= 6
Jadi banyak sapu tangan yang dihasilkan adalah 6.
Nomor 9
= 9 x 2/3
= 18/3
= 6
Jadi jumlah halaman buku adalah 6.
Nomor 10
= 2/3 : 1/6
= 2/3 x 6/1
= 12/3
= 4
Jadi banyak sapu tangan yang dapat dibuat adalah 4.
Nomor 11
Gaji perbulan = 3.000.000 : 2 = 1.500.000
Biaya sekolah = 4/5 x 1.500.000 = 1.200.000
Keperluan dapur = 1(1/2) x 1.200.000 = 3/2 x 1.200.000 = 1.800.000
Nomor 12
= 10 : ½
= 10 x 2/1
= 20
Jadi jumlah langkah yang dibutuhkan sebanyak 20.
Nomor 13
Pertama perhatikan jumlah baris dan jumlah arsiran pada baris.
Jumlah baris = 5 dan jumlah arsiran baris (warna kuning) = 3
Maka bentuk pecahannya = 3/5
Kedua perhatikan jumlah kolom dan jumlah arsiran pada kolom.
Jumlah kolom = 4 dan jumlah arsiran kolom (warna biru) = 3
Maka bentuk pecahannya = ¾
Maka bentuk permasalahannya adalah 3/5 x 3/4
Nomor 14
= 8/5 + 7/5 + 12/5
= (8+7+12)/5
= 27/5 liter
= 5(2/5) liter
Jadi total bensin sebanyak 5(2/5) liter.
Nomor 15
= 12 : 1(1/2)
= 12 : 3/2
= 12 x 2/3
= 8
Jadi tiang yang bisa dibuat sebanyak 8.
Nomor 16
Kedalaman perjam = 2(2/3)
: 2(1/2)
=
8/3 : 5/2
=
8/3 x 2/5
=
16/15
Kedalaman sumur selama ½ jam
= 16/15 x ½
= 16/30
= 8/15 meter.
Nomor 17
= 2(2/5) : 3
= 12/5 : 3/1
= 12/5 x 1/3
= 4/5
Jadi tiap anak mendapat emas 4/5 gram
Nomor 18
= 5 : ½
= 5 x 2/1
= 10
Jadi banyak asbes yang dapat dibuat adalah 10.
Nomor 19
= ¾ x 1(1/3)
= ¾ x 4/3
= 1
Jadi jarak lompatan juara II adalah 1 meter.
Nomor 20
= 2 - ¾
= 8/4 – ¾
= 5/4
Jadi sisa roti santi adalah 5/4
Nomor 21
= 6 x 1/10
= 6/10
= 3/5
Jadi total air yang dibutuhkan adalah 3/5 liter
Nomor 22
= 2 : ¼
= 2 x 4/1
= 8
Jadi banyak pakaian yang dapat dibuat adalah 8
Nomor 23
= 7 : 3
= 7/3
Jadi satu celana memutuhkan 7/3 meter kain
Nomor 24
= 5 : 3
= 5/3
Jadi tiap anak mendapatkan 5/3 potong roti
Nomor 25
Kelereng yang diberikan kepada rubi
= 5/9 x 27
= 15 kelereng
Sisa kelereng Robi = 27 – 15 = 12 kelereng
Nomor 26
Untuk mengetahui siapa yang melempar lebih jauh maka jarak lemparan yang
berupa bilangan pecahan harus disamakan penyebutnya
Andi = 10 x 1/3 = 10/3 = 50/15
Budi = 10 x 2/5 = 20/5 = 60/15
Karena pembilang dari jarak lemparan budi lebih besar dari andi maka
anak yang melempar lebih jauh adalah Budi.
Nomor 27
Harus disamakan dulu penyebutnya
¾ x 5 = 15/4 = 45/12
5/6 x 5 = 25/6 = 50/12
Jadi yang lebih besar adalah 5/6 dari 5 ton.
Nomor 28
Luas ladang = p x l = 20 x 2/3 = 40/3 meter persegi
Gandum yang dijual = 2/3 x 15 = 10 ton
Sisa gandum = 15 – 10 = 5 ton
Nomor 29
iya, sebelum melakukan pembagian nilai pembagian harus disamakan
terlebih dahulu
Anak pertama = ¼ = 5/20
Anak kedua = 2/5 = 8/20
Anak ketiga = 3/10 = 6/20
Sehingga agar perhitungan lebih mudah jumlah sapi digenapkan 20, maka
dipeoleh perhitungan
Anak pertama mendapatkan 20 × 5/20 = 5 ekor
Anak kedua mendapatkan 20 × 8/20 = 8 ekor
Anak ketiga mendapatkan 20 × 6/20 = 6 ekor
Bagikan Artikel Ini